SEGMENTASI PASAR GLOBAL

Pengertian Segmentasi Pasar Global

Segmentasi pasar global yaitu proses mengidentifikasi kelompok atau kumpulan pelanggan pada tingkat global yang mempunyai persamaan tingkah laku dalam membeli. Setelah mengidentifikasi segmen, langkah berikutnya menetapkan target. Perusahaan harus merencanakan cara untuk membidik pasar-pasar yang dipilih sebagai target dengan menetapkan posisi terbaik bagi produk yang ditawarkannya dengan cara menanamkan produk dalam ingatan pembeli dengan merancang bauran pemasaran secara cepat.

Kriteria Segmentasi Global

  1. Segmentasi Geografis, yaitu suatu aktivitas pemasaran yang dilakukan dengan membagi-bagi pasar dalam beberapa unit geografis yang berbeda-beda. Dalam segmentasi geografi pembagian pasar terdiri dari unit-unit geografis yang berbeda, seperti Negara, Negara Bagian, Wilayah, Propinsi atau Kota. Contohnya kopi bubuk General's Food Maxwell House dijual secara nasional tapi diberi nama sesuai daerahnya. Kopinya beraroma lebih kuat di Barat dan di Timur.
  2. Segmentasi Demografis, terdiri dari pembagian pasar menjadi kelompok-kelompok dengan dasar variabel-variabel demografi seperti usia, jenis kelamin, penghasilan, pekerjaan, pendidikan, agama, ras dan kewarganegaraan.
  3. Segmentasi Psikografis, pembeli dibagi menjadi kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian. Orang-orang dalam kelompok demografis yang sama dapat menunjukkan bentuk psikografis yang sangat berbeda.
  4. Segmentasi Tingkah Laku, dilakukan dengan membagi konsumen atas grup-grup yang berbeda dengan basis variabel seperti status pengguna, kesetiaan merk, tingkat penggunaan, manfaat yang dicari, kesempatan penggunaan, kesiapan membeli dan sikap terhadap produk.
Tujuan Segmentasi

  1. Pasar menjadi lebih mudah dibedakan.
  2. Pelayanan menjadi lebih baik dan tepat.
  3. Strategi pemasaran dan promosi menjadi lebih terarah.
  4. Menemukan peluang baru di masyarakat.
  5. Desain produk menjadi lebih tepat.
Menetapkan Sasaran Global

Segmentasi merupakan proses yang dipergunakan oleh pemasar untuk mengelompokkan konsumen yang mempunyai keinginan dan kebutuhan yang sama. Menetapkan sasaran adalah tindakan mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasi dan kemudian memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi paling besar.

Kriteria untuk menentukan target yaitu :

  • Besar segmen yang ada dan potensi pertumbuhan.
  • Persaingan potensial.
  • Kecocokan dan kelayakan.
  • Memilih strategi pasar sasaran global.
Memilih strategi pasar sasaran global, yaitu :

  • Strandarisasi Pemasaran, serupa dengan pemasaran massal dalam satu negara yang melibatkan penciptaan bauran pemasaran yang sama, seperti produk, harga, distribusi dan komunikasi.
  • Pemasaran Global Terkonsentrasi, membidik pasar tunggal dari pasar global, dimana strategi yang digunakan oleh juara tersembunyi dari pemasaran global.
  • Pemasaran Global Yang Membeda-bedakan, merupakan variasi dari pemasaran terkonsentrasi. Mencakup 2 atau lebih segmen pasar yang berbeda dengan berbagai penawaran bauran pemasaran, untuk mencapai pasar sasaran yang lebih luas.
Menentukan Posisi Produk Di Pasar Global

Pemasaran menentukan posisi yaitu suatu proses yang dipakai oleh perusahaan untuk menetapkan suatu citra dibenak konsumen relatif terhadap citra produk yang ditawarkan oleh pesaing.

  • Menentukan posisi teknologi tinggi (Hi-tech Positioning)
Contoh kategori produk dengan menentukan posisi teknologi tinggi terbukti efektif yaitu komputer pribadi, video dan peralatan stereo, serta mobil.

  1. Produk teknis : Contoh produk yang pembelinya mempunyai kebutuhan tertentu, perlu banyak informasi serta mempunyai bahasa yang sama. Misalnya yaitu pembeli komputer di Eropa dan Amerika mempunyai pengetahuan yang setara mengenai mikroprosesor 486, hard disk 80 mega, 8 mega RAM.
  2. Produk untuk peminat khusus : produk ini tidak terlalu teknis dan lebih berorientasi pada waktu luang atau rekreasi, mempunyai karakteristik pengalaman yang serupa dan keterlibatan pengguna yang tinggi. Seperti peralatan olahraga Nike, kamera Canon.
  3. Produk yang dapat ditunjukkan kegunaannya : produk yang berbicara untuk dirinya sendiri dalam iklan sifat dan dan manfaatnya juga berjalan dengan baik. Contohnya produk global yang dapat ditunjukkan kegunaannya yaitu kamera instan.
  • Menentukan posisi sentuhan canggih (Hi-touch positioning)
Kurang memerlukan penekanan pada informasi khusus dan lebih menekankan pada citra. Pembeli produk sentuhan canggih juga mempunyai bahasa yang sama dan sekumpulan simbol yang berkaitan dengan tema kesejahteraan, materialism dan romantisme.

  1. Produk yang memecahkan masalah umum, menyediakan manfaat yang berkaitan dengan momen kecil dalam kehidupan.
  2. Produk desa global, dalam pasar global produk mungkin mempunyai daya tarik global hanya berdasarkan pada negara pembuatnya. Misalnya Mercedes merupakan perwujudan insinyur Jerman yang legendaris, Sony merupakan nama yang sinonim dengan mutu Jepang.
  3. Produk yang menggunakan tema universal, tema tambahan adalah materialisme (kunci untuk citra orang kaya dan status), kepahlawanan (tema termasuk individu sederhana atau pengorbanan diri), bermain (waktu luang / rekreasi) dan prokreasi (citra masa pacaran dan romantisme).
Beberapa produk dapat diposisikan dengan lebih dari 1 cara. Misalnya kamera canggih dapat diklasifikasikan produk teknik dan peminat khusus. Produk lain mungkin diposisikan dalam mode bi-polar artinya sebagai produk berteknologi tinggi sekaligus sentuhan canggih.

Pemasaran Di Negara Berkembang

Masalah sentral dinegara-negara berkembang dan kebutuhan yang paling menekan adalah memperluas produksi merupakan kekurangan akan barang dan jasa. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan apakah akan memasuki suatu negara berkembang.

  1. Carilah informasi lain disamping PNB per kapita. Angka per kapita mungkin menyembunyikan adanya kelas menengah dalam jumlah besar dalam pasar tadi.
  2. Pertimbangan negara-negara berkembang secara kolektif, bukan satu persatu.
  3. Tidak semua negara berkembang sama.
  4. Jika menjadi perusahaan pertama yang menawarkan suatu produk atau jasa disebut negara berkembang, maka diberi bobot antara manfaat dan biaya.
  5. Karena perbedaan hukum politik atau kekuatan sosial, berbagai peristiwa mungkin bergerak dengan lambat maka tetapkan batas waktu realistik untuk melihat hasilnya.
Sumber:

http://alfathluthfi25.blogspot.com/2019/11/segmentasi-menetapkan-sasaran.html

https://ssaengi.wordpress.com/2014/05/14/segmentasi-global-menentukan-target-dan-menentukan-posisi/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL