Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

SEJARAH


AQUA adalah sebuah merek dagang untuk air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia pada tahun 1973. Selain di Indonesia, AQUA juga melayani penjualan produk di Malaysia, Singapura dan Brunei. Pada tahun 1984 perusahaan tersebut mendirikan cabang kedua di Pandaan, Jawa Timur. Pada tahun 1998 terjadi aliansi strategis antara PT Tirta Investama dengan Danone, sehingga PT Aqua Golden Mississippi, PT Tirta Investama dan PT Tirta Sibayakindo sepakat untuk bersinergi sebagai Grup AQUA. Pada tahun 2000, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone pada seluruh produk AQUA.

Saat ini AQUA sudah mengoperasikan 21 pabrik yang tersebar di Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi. Seluruh operasi bisnis dan produksi AQUA dikoordinasikan oleh kantor pusat yang terletak di Cyber 2 Tower, Jl. H. R. Rasuna Said N0.13, RT7/RW2, Kuningan, Jakarta Selatan 12950.

PENGELOMPOKAN SEGMENTASI DAN TARGET PASAR

Segmentasi Pasar AQUA

  • Segmentasi Geografis
Dari sisi geografis, AQUA ditujukan untuk semua wilayah yang ada di Indonesia. Kita dapat menjumpai produk AQUA di perkotaan, pinggiran kota bahkan di pedesaaan. Produk AQUA ini tidak dipengaruhi oleh iklim, karena kebutuhan konsumen akan air bersih akan selalu terjadi terus menerus sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi dan tidak mengenal kondisi alam sekitar.
  • Segmentasi Demografis
Dari sisi demografis, AQUA menargetkan semua kalangan, jenis kelamin dan usia. Karena aman untuk dikonsumsi oleh semua orang. Hal ini dapat dibuktikan dengan kualitasnya dan pemasaran sampai di pelosok desa. Serta ajakan untuk selalu mengkonsumsi air bersih dimanapun.
  • Segmentasi Psikografis

Secara psikografis, AQUA ditujukan untuk kelas sosial menengah. Tetapi bisa juga kalangan kelas sosial bawah untuk mengkonsumsinya, karena ada beberapa harga kemasan yang masih bisa dijangkau. Selain itu AQUA juga diperuntukkan bagi orang-orang dengan gaya hidup praktis dan sehat, dengan kemasannya yang mudah dibawa dan mudah didapat dimanapun.

Target Pasar AQUA

Target pemasaran produk AQUA adalah seluruh masyarakat dari kalangan bawah hingga kalangan atas, tidak mengenal kondisi geografis maupun status sosial karena kebutuhan paling utama setiap orang adalah mengkonsumsi air bersih.

PELUANG DAN TANTANGAN

Tantangan AQUA terhadap pasar global yaitu banyaknya brand air mineral yang mempunyai kualitas dan harga yang baik, diambil dari sumber mata air yang aman dan terbebas dari polusi, diproduksi dan dilakukan pengawasan secara berkala, baik di lokasi produksi, sumber air hingga kemasan produk. Hal ini membuat perusahaan AQUA terus berinovasi dan tetap menjaga mutu serta kualitas produk yang dimiliki sehingga pelanggan akan tetap membeli produk. Peluang AQUA di pasar global sangat besar karena menurut saya AQUA menjadi produk air kemasan yang paling dikenal dan terlaris karena merk yang sudah melekat dibenak konsumen.

Sumber :

https://aqua.co.id/sejarah

https://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)

https://tambahpinter.com/contoh-segmentasi-pasar/

https://sjifa.wordpress.com/2013/06/24/analisis-segmen-dan-target-pasar-aqua/



Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL