STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI
PASAR GLOBAL
Pengertian dari pasar global adalah pasar berskala dunia yang terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Persaingan dalam pasar global sangat ketat karena tidak hanya bersaing terhadap pesaing dari dalam negeri, tetapi juga bersaing menghadapi pesaing dari luar negeri, yang tentunya akan membuat persaingan lebih sulit.
Perusahaan yang berencana memasuki pasar global harus memahami dan mempersiapkan langkah-langkah atau strategi yang diperlukan agar perusahaan tersebut dapat survive di pasar global.
Tahapan menjadi pemasar global :
- No Foreign Marketing, perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional bukan karena usaha sendiri tetapi karena pesanan dari pasar luar negeri, pelanggan asing datang ke perusahaan atau atas usaha eksportir.
- Infrequent Foreign Marketing, perusahaan mulai memasarkan sendiri ke pasar luar negeri tetapi jika mempunyai surplus produksi. Kegiatan ini ditinggalkan apabila pasar domestik masih mampu menyerapnya.
- Reguler Foreign Marketing, produsen memasarkan sendiri atau melalui penyalur domestik atau distributor asing.
- Global Marketing Operations, produsen telah terlibat dengan dunia internasional secara global. Kegiatannya sudah merencanakan operasional pendek maupun organisasi bersaing di pasar dunia.
- Untuk memasuki akses terhadap pelanggan-pelanggan baru, dengan alasan bahwa ekspansi ke dalam pasar dunia akan memberi potensi untuk meningkatkan pendapatan, laba dan pertumbuhan jangka panjang, dan dapat menjadi perusahaan domestik yang mapan.
- Untuk mencapai biaya rendah dan meningkatkan daya saing perusahaan.
- Untuk memperluas kompetensi dan kapabilitasnya untuk posisi memperoleh keuntungan kompetetif dalam pasar luar negeri seperti pada pasar domestik.
- Untuk menyebar atau membagi risiko bisnisnya melalui perluasan pasar yang telah ada.
Ekspor merupakan penjualan barang ke luar negeri dengan menggunakan sistem pembayaran, kualitas, kuantitas dan syarat penjualan lainnya yang telah disetujui oleh pihak eksportir dan importir.
Keuntungan dari strategi ekspor ini yaitu meminimumkan risiko dan persyaratan modal dan meminimumkan investasi secara langsung di negara-negara asing. Suatu strategi ekspor mudah diserang jika biaya-biaya manufaktur di negara asal lebih besar daripada di negara-negara asing ketika pesaing-pesaing mempunyai pabrik, selain itu juga melibatkan biaya shipping yang tinggi serta fluktuasi yang merugikan dan pertukaran nilai tukar mata uang.
Strategi ekspor rentan ketika biaya produksi di dalam negeri jauh lebih tinggi daripada di negara-negara asing dimana saingan memiliki tanaman, biaya pengiriman produk ke pasar luar negeri jauh relatif tinggi atau pergeseran buruk terjadi pada nilai tukar mata uang.
Jenis-jenis ekspor yaitu :
- Ekspor tidak langsung, kegiatan mengekspor barang ke luar negeri dengan menggunakan jasa perantara seperti agen-agen ekspor maupun menjual barang tersebut ke perusahaan lain, lalu perusahaan tersebut mengekspornya.
- Ekspor langsung, kegiatan melakukan ekspor barang dan jasa yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksinya.
LISENSI
Cara lain untuk masuk ke pasar luar negeri adalah melalui lisensi. Pengertian dari lisensi adalah penyerahan hak atas sesuatu dari pihak satu ke pihak lainnya yang diikat dengan suatu perjanjian yang telah disepakati kedua belah pihak seperti hak atas barang, hak atas cipta atau karya, hak untuk pembuatan atau produksi dan lain-lain.
Strategi lisensi :
- Perusahaan memiliki keterbatasan dana ekspor.
- Adanya larangan atau pembatasan memasuki suatu negara, seperti kuota impor dan tarif.
- Apabila negara tujuan sensitif terhadap atau bahkan melarang kepemilikan asing.
- Melindungi paten atau merek dagang karena pembatalan perjanjian.
- Franchising (Waralaba)
- Management Contract (Kontrak Manajemen)
- Contract Manufacturing (Produksi Kontrak)
- Biaya dan resiko yang dihasilkan rendah atau kecil.
- Kesempatan yang menarik bagi perusahaan dengan dana terbatas dan ingin melakukan operasional di negara asing.
- Mempermudah perusahaan yang ingin masuk pasar asing melalui investasi.
- Tidak adanya hak bagi perusahaan dalam mengendalikan atau melakukan kontrol terhadap manufaktur, pemasaran dan strategi.
- Sulit bersaing karena memerlukan koordinasi dan strategi.
USAHA PATUNGAN (JOINT VENTURE)
Cara lain yang efektif untuk membatasi ekspor modal dalam pasar global yaitu membangun usaha patungan terutama dengan mitra bisnis lokal. Pengertian dari usaha patungan sendiri yaitu bentuk kerjasama antar dua perusahaan atau lebih yang bergabung menjadi satu perusahaan. Keunggulan dari usaha patungan ini yaitu perusahaan mendapat manfaat dari pengetahuan partner lokal serta dapat berbagi biaya dan resiko dengan partner lokal. Sedangkan kelemahannya yaitu resiko dalam hal memberikan teknologi kepada partner lokal, tidak ada pengendalian yang ketat serta kepemilikan dapat mengarah pada konflik dan perang pengendalian antar perusahaan.
Contohnya perusahaan di Indonesia yaitu PT. Nestle Indofood Citrarasa Indonesia, merupakan gabungan dari PT. Nestle S.A (perusahaan luar negeri) dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. (perusahaan dalam negeri).
STRATEGI PERLUASAN PASAR
Perusahaan harus mencari segmen pasar baru untuk produknya agar menarik lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang sudah ada. Memperluas pangsa pasar bisa memperbesar bisnis, karena jika pangsa pasar meningkat maka permintaan akan meningkat dan jumlah produk yang dihasilkan juga meningkat, termasuk juga tenaga produksi.
Strategi untuk memperluas bisnis perusahaan yaitu :
- Penetrasi pasar
- Pengembangan produk
- Perluasan pasar
- Diversifikasi
PENENTUAN POSISI PASAR (POSITIONING)
Positioning yaitu upaya perusahaan untuk mendesain produk serta merek agar menciptakan kesan tertentu yang unik dibenak atau diingatan konsumen. Konsumen akan mengingat produk atas dasar posisi dari yang mereka dengar dan mereka pikirkan.
Empat kriteria untuk menentukan positioning menurut Hermawan Kertajaya yaitu :
- Konsumen (Customer)
- Perusahaan (Company)
- Pesaing (Competitor)
- Perubahan (Change)
Sumber :
https://indoforwarding.com/strategi-memasuki-pasar-global/
https://gimbalkurangdarah.wordpress.com/kulyah/bersaing-di-pasar-luar-negri/
https://cerdasco.com/pengembangan-pasar/
Komentar
Posting Komentar