PERENCANAAN STRATEGI PADA TINGKAT PERUSAHAAN
Mendifinisikan Strategic Business Unit
Strategic Business Unit (SBU) adalah strategi bisnis yang digunakan perusahaan dalam pengembangan bisnis untuk mencapai tujuan, strategi dalam bersaing serta keuntungan. Masing-masing unit bisnis bekerjasama menjalankan strategi ini serta mendukung strategi korporasi yang ditetapkan perusahaan induk.
Contoh lainnya yaitu PT Indofood Sukses Makmur yang memiliki 5 SBU yaitu ICBP (terdiri dari 6 divisi), Bogasari, Agribisnis, Distribusi serta Budidaya dan Pengolahan Sayuran. SBU ini penting untuk dilakukan karena dapat melihat unis bisnis mana yang unggul dan mana yang perlu ditingkatkan lagi.
Alokasi Sumberdaya SBU-Analisis Portofolio
Model yang paling sering digunakan adalah Boston Consulting Group's (Model BCG) dan General Electric Company / McKinsey & Company (General Electric Model). General Electric Model ini sama dengan BCG Model dalam membantu korporasi untuk menerapkan misi dari seluruh unit-unit bisnisnya, tetapi metode yang digunakan berbeda.
Kedua model ini sama-sama membagi unit bisnis kedalam empat jenis misi yaitu:
- Build (bangun), yaitu meningkatkan pangsa pasar walaupun harus mengorbankan aliran kas / earning jangka pendek.
- Hold (pertahankan), yaitu melindungi pangsa pasar unit bisnis dan posisi kompetitifnya.
- Harvest (panen), yaitu memaksimalkan earning jangka pendek dan aliran kas walaupun harus mengorbankan pangsa pasar.
- Divest (divestasi), yaitu apakah akan mundur dari bisnis baik lewat likuidasi atau penjualan segera.
- Sumbu vertikal menunjukkan tingkat pertumbuhan pasar (ukuran seberapa menarik pasar itu)
- Sumbu horizontal menunjukkan pangsa pasar relatif (indikator seberapa kuat posisi perusahaan)
- Stars : merupakan pemimpin pasar dalam pasar yang tumbuh cepat. Perusahaan membutuhkan investasi besar untuk mempertahankan posisi mereka di pasar.
- Question Marks : yaitu bisnis perusahaan yang bergerak dalam pasar dengan pertumbuhan tinggi namun pangsa pasar relatif rendah. Membutuhkan investasi besar untuk menahan bagiannya di pasar, tetapi tidak menghasilkan uang tunai dalam proporsi yang sama.
- Cash Cows : jika pertumbuhan pasar setahun kurang dari 10% maka stars menjadi cash cows. Pertumbuhan produk rendah tapi memiliki pangsa pasar yang tinggi. Mereka mendapatkan banyak uang tunai untuk perusahaan.
- Dogs : bisnsi ini tidak memiliki tingkat pertumbuhan atau pangsa pasar yang tinggi. Menghasilkan uang tunai yang cukup untuk bertahan tetapi tidak dalam jangka panjang.
Menentukan sasaran yang sesuai bagi SBU tidak hanya dilihat dari matriks pertumbuhan pasar. Jika ditambahkan beberapa faktor lagi, sebagai kasus khusus dari matriks portofolio diawali oleh General Electric Model (GE). Ditunjukan pada gambar dibawah ini :
- Produk yang jatuh ke bagian hijau mencerminkan bisnis berada di posisi yang baik, dimana perusahaan harus menanamkan modal / tumbuh.
- Produk yang berada di bagian kuning memerlukan keputusan manajerial untuk membuat pilihan dimana perusahaan harus mengejar penghasilan.
- Produk di zona merah berbahaya, karena akan menyebabkan perusahaan merugi sehingga perusahaan harus berpikir untuk melepas.
- Matriks BCG lebih sederhana salah satunya karena hanya terdiri dari empat sel dibandingkan dengan matriks GE terdiri dari sembilan sel.
- Dimensi dasar matriks BCG adalah pertumbuhan pasar dan pangsa pasar, sedangkan GE adalah daya tarik industri dan kekuatan bisnis.
- Matriks BCG digunakan perusahaan untuk menyebarkan sumberdaya mereka diantara unit bisnis. Sedangkan GE digunakan untuk memprioritaskan investasi diantara berbagai unit bisnis.
- Matriks BCG hanya menggunakan ukuran tunggal, sedangkan dalam matriks GE menggunakan beberapa ukuran.
- Matriks BCG mewakili dua tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar yaitu tinggi dan rendah. Sedangkan matriks GE ada tiga tingkat kekuatan bisnis, yaitu kuat, rata-rata dan lemah, daya tarik industri yaitu tinggi, sedang, dan rendah.
Sauran, Alfrianty. (2018). Strategic
Manajemen Business Unit Strategy
https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-strategi-3-tingkatan-strategi-bisnis/ (diakses pada tanggal 14 Januari 2020 pukul 10.40)
https://www.garuda-indonesia.com/id/id/index (diakses pada tanggal 14 Januari 2020 pukul 10.40)
https://id.gadget-info.com/difference-between-bcg (diakses pada tanggal 14 Januari 2020 pukul 11.17
Komentar
Posting Komentar