E-MARKETING DAN KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL

TUGAS SOFTSKILL M13

E-MARKETING

E-marketing adalah strategi pemasaran produk baik barang melalui media internet. E-marketing saat ini banyak diminati perusahaan-perusahaan seiring dengan perkembangan teknologi internet, dimana hampir semua orang dapat mengakses internet. Maka dari itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba  melakukan pemasaran dengan cara e-marketing.

Manfaat pemasaran dengan e-marketing :

  1. Biaya yang dikeluarkan dalam transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik relatif rendah. Misalnya email yang dikirim ke konsumen dalam hitungan detik.
  2. Lebih efektif dan efisien karena proses penjualannya bersifat langsung dari produsen ke konsumen tanpa melewati jalur distribusi.
  3. Memudahkan memasarkan produk secara cepat.
  4. Tidak ada batasan waktu karena bisa diakses 24 jam.
Menurut Strauss dan Frost (2009), tujuh tahap dalam perencanaan e-marketing yaitu :

  1. Situation Analysis (Analisis Situasi), merupakan awal dari konsep bisnis dengan melakukan analisis kekuatan, peluang, kelemahan serta ancaman bagi perusahaan. Dengan analisis SWOT.
  2. E-marketing Strategic Planning (Strategi Perencanaan E-marketing), terdapat tujuh langkah sederhana yang membantu dalam mengevaluasi dan menganalisis peluang pasar. Strategi perencanaan e-marketing meliputi segmentation, targeting, differentiation dan positioning.
  3. Objectives (Tujuan), yaitu meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website, meningkatkan pendapatan penjualan.
  4. E-marketing Strategy (Strategi E-marketing), mencakup 4P dan hubungan manajemen untuk mencapai tujuan rencana mengenai Product, Price, Place dan Promotion.
  5. Implementasi Plan (Rencana Pelaksanaan), perusahaan memutuskan bagaimana mencapai tujuan dengan efektif dan kreatif.
  6. Budget (Anggaran), pemasar mengidentifikasi hasil yang diharapkan dari suatu investasi.
  7. Evaluation Plan (Rencana Evaluasi), keberhasilan tergantung pada evaluasi yang terus-menerus.

KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL

Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran global merupakan efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas Negara.

Bentuk-bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu :

  1. Personal Selling, yaitu bentuk komunikasi antar individu dimana penjual menginformasikan, mendidik dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk atau jasa perusahaan.
  2. Advertising, yaitu segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
  3. Sales Promotion, semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat dengan menggunakan kupon, voucher atau diskon.
  4. Public Relations, upaya hubungan masyarakat harus membantu perkembangan perbuatan baik dan pemahaman diantara unsur-unsur pokok perusahaan baik didalam maupun yang diluar.
Komunikator harus :

  • Mengidentifikasi audiens yang dituju
  • Menentukan tujuan komunikasi tersebut
  • Merancang pesan
  • Memilih saluran komunikasi (personal maupun non-personal)
  • Menentukan total anggaran promosi
  • Membuat keputusan atas bauran promosi
  • Mengukur hasil promosi tersebut
  • Mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran terintegrasi
Beberapa srategi dalam komunikasi pemasaran yang sifatnya global yaitu :

  1. Menggunakan bahasa Internasional.
  2. Menyediakan fasilitas terjemahan, memudahkan proses komunikasi antara pihak yang memiliki perbedaan bahasa.
  3. Menekankan komunikasi persuasif, umumnya akan mengajak atau memengaruhi seseorang agar tertarik terhadap suatu produk maupun jasa.
  4. Membangun jaringan komunikasi skala Internasional.
  5. Membuat branding, seseorang bisa lebih mudah mengingat tentang produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
Isu-isu dalam pemasaran global :

  1. Perbedaan bahasa dalam penerjemahan merek atau slogan kampanye iklan ke dalam bahasa setempat bisa menimbulkan masalah besar jika makna berbeda dari yang dimaksud.
  2. Ketersediaan media sangat tergantung pada regulasi pemerintah dan infrastruktur media.
  3. Jumlah kualitas agen periklanan sangat bervariasi antar negara.
  4. Tidak semua aktivitas penjualan bisa dilakukan disemua negara. Hukum dibeberapa negara membatasi ukuran, bentuk dan sifat produk sampel.
  5. Perkembangan teknologi komunikasi memfasilitasi berkembangnya sejumlah media mutakhir yang menunjang direct marketing dan komunikasi interaktif, diantaranya database marketing, direct mail, telemarketing, inserts dan internet.
Sumber :

Meyliana. 2010. ANALISA STRATEGI E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS : PERUSAHAAN RETAIL GARMENT)

https://chalikindonesia.blogspot.com/2012/09/komunikasi-dalam-pemasaran-global.html

https://pakarkomunikasi.com/strategi-komunikasi-pemasaran-global

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL