E-MARKETING DAN KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL
TUGAS SOFTSKILL M13
E-MARKETING
E-marketing adalah strategi pemasaran produk baik barang melalui media internet. E-marketing saat ini banyak diminati perusahaan-perusahaan seiring dengan perkembangan teknologi internet, dimana hampir semua orang dapat mengakses internet. Maka dari itu banyak perusahaan yang berlomba-lomba melakukan pemasaran dengan cara e-marketing.
Manfaat pemasaran dengan e-marketing :
- Biaya yang dikeluarkan dalam transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik relatif rendah. Misalnya email yang dikirim ke konsumen dalam hitungan detik.
- Lebih efektif dan efisien karena proses penjualannya bersifat langsung dari produsen ke konsumen tanpa melewati jalur distribusi.
- Memudahkan memasarkan produk secara cepat.
- Tidak ada batasan waktu karena bisa diakses 24 jam.
- Situation Analysis (Analisis Situasi), merupakan awal dari konsep bisnis dengan melakukan analisis kekuatan, peluang, kelemahan serta ancaman bagi perusahaan. Dengan analisis SWOT.
- E-marketing Strategic Planning (Strategi Perencanaan E-marketing), terdapat tujuh langkah sederhana yang membantu dalam mengevaluasi dan menganalisis peluang pasar. Strategi perencanaan e-marketing meliputi segmentation, targeting, differentiation dan positioning.
- Objectives (Tujuan), yaitu meningkatkan pangsa pasar, meningkatkan jumlah komentar pada sebuah blog atau website, meningkatkan pendapatan penjualan.
- E-marketing Strategy (Strategi E-marketing), mencakup 4P dan hubungan manajemen untuk mencapai tujuan rencana mengenai Product, Price, Place dan Promotion.
- Implementasi Plan (Rencana Pelaksanaan), perusahaan memutuskan bagaimana mencapai tujuan dengan efektif dan kreatif.
- Budget (Anggaran), pemasar mengidentifikasi hasil yang diharapkan dari suatu investasi.
- Evaluation Plan (Rencana Evaluasi), keberhasilan tergantung pada evaluasi yang terus-menerus.
KOMUNIKASI PEMASARAN GLOBAL
Komunikasi pemasaran adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran global merupakan efektivitas komunikasi pemasaran yang melewati batas-batas Negara.
Bentuk-bentuk utama dari komunikasi pemasaran yaitu :
- Personal Selling, yaitu bentuk komunikasi antar individu dimana penjual menginformasikan, mendidik dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk atau jasa perusahaan.
- Advertising, yaitu segala bentuk presentasi non-pribadi dan promosi gagasan, barang atau jasa oleh sponsor tertentu yang harus dibayar.
- Sales Promotion, semua kegiatan pemasaran yang mencoba merangsang terjadinya aksi pembelian suatu produk yang cepat dengan menggunakan kupon, voucher atau diskon.
- Public Relations, upaya hubungan masyarakat harus membantu perkembangan perbuatan baik dan pemahaman diantara unsur-unsur pokok perusahaan baik didalam maupun yang diluar.
- Mengidentifikasi audiens yang dituju
- Menentukan tujuan komunikasi tersebut
- Merancang pesan
- Memilih saluran komunikasi (personal maupun non-personal)
- Menentukan total anggaran promosi
- Membuat keputusan atas bauran promosi
- Mengukur hasil promosi tersebut
- Mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran terintegrasi
- Menggunakan bahasa Internasional.
- Menyediakan fasilitas terjemahan, memudahkan proses komunikasi antara pihak yang memiliki perbedaan bahasa.
- Menekankan komunikasi persuasif, umumnya akan mengajak atau memengaruhi seseorang agar tertarik terhadap suatu produk maupun jasa.
- Membangun jaringan komunikasi skala Internasional.
- Membuat branding, seseorang bisa lebih mudah mengingat tentang produk atau jasa yang sedang ditawarkan.
- Perbedaan bahasa dalam penerjemahan merek atau slogan kampanye iklan ke dalam bahasa setempat bisa menimbulkan masalah besar jika makna berbeda dari yang dimaksud.
- Ketersediaan media sangat tergantung pada regulasi pemerintah dan infrastruktur media.
- Jumlah kualitas agen periklanan sangat bervariasi antar negara.
- Tidak semua aktivitas penjualan bisa dilakukan disemua negara. Hukum dibeberapa negara membatasi ukuran, bentuk dan sifat produk sampel.
- Perkembangan teknologi komunikasi memfasilitasi berkembangnya sejumlah media mutakhir yang menunjang direct marketing dan komunikasi interaktif, diantaranya database marketing, direct mail, telemarketing, inserts dan internet.
Meyliana. 2010. ANALISA STRATEGI
E-MARKETING DAN IMPLEMENTASINYA (STUDI KASUS : PERUSAHAAN RETAIL GARMENT)
https://chalikindonesia.blogspot.com/2012/09/komunikasi-dalam-pemasaran-global.html
https://pakarkomunikasi.com/strategi-komunikasi-pemasaran-global
Komentar
Posting Komentar