SISTEM INFORMASI DAN RISET PEMASARAN GLOBAL

SISTEM INFORMASI GLOBAL

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis.

Tujuan Dari Sistem Informasi Manajemen

SIM berarti pengumpulan, analisis, klasifikasi, menyimpan (storing), mendapatkan kembali (retrieving) dan melaporkan data-data yang relevan mengenai pelanggan, pasar, saluran (chanel), penjual dan pesaing. Dalam suatu perusahaan seharusnya juga mencakup aspek-aspek penting lingkungan eksternal perusahaan, misalnya seperti regulasi pemerintah, merger, akuisisi dan aliansi.

Pemasaran global secara konstan mencari dan mengumpulkan informasi tentang peluang dan ancaman potensial dengan menajamkan fungsi telinga dan mata terhadap petunjuk desus-desus kumpulan informasi dan wewenang berdasarkan pengalaman orang lain. Mendapatkan informasi secara umum dengan baca koran, majalah, program-program berita via internet adalah jenis pengamatan sekedar melihat atau disebut viewing. Sedangkan jika suatu berita relevan terkait kasus mengamati berita masuknya pemain baru dalam industri mobil, kemudian mengikuti berita perkembangannya, disebut dengan pemantauan (monitoring).

Manfaat Sistem Informasi

  1. Manajemen dapat memonitor perubahan yang terjadi pada pasar yang berbeda.
  2. Manajemen dapat memonitor perusahaan itu sendiri dalam pasar internasional.

RISET PEMASARAN

Istilah riset pemasaran (marketing research) mengacu pada pengumpulan analisis dan penyajian informasi yang berkaitan dengan masalah yang dirumuskan dengan baik. Fokus dari riset pemasaran adalah masalah atau proyek khusus dengan suatu awal dan akhir. Dalam praktik, istilah riset pasar seringkali digunakan secara bertukaran. Riset pemasaran secara konseptual berbeda dengan riset pasar. Riset pasar ruang lingkupnya lebih sempit, karena riset ini menekankan pada informasi konsumen yang ada sekarang dan yang potensial, siapa mereka, mengapa mereka membeli suatu produk atau jasa dan dimana mereka membelinya.

Pemasaran dalam bisnis internasional sangat kompleks daripada pemasaran domestic. Perbedaan sosial, bahasa, politik, dan peraturan perlu dipelajari dengan seksama kemudian dijadikan sebagai landasan kebijakan strategi pemasaran. Pemahaman tentang lingkungan bisnis internasional seharusnya didasarkan pada penelitian yang dilakukan yang menyangkut produk, rencana pemasaran dan strategi pemasaran. Penelitian tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi problem pemasaran.

Data yang Diperlukan Dalam Penelitian Pemasaran

  • Data Sekunder
Data yang dikumpulkan oleh pihak lain (BPS, Dep.Perindustrian, IMF), data ini relatif lebih murah dan mudah untuk mendapatkannya.
  • Data Primer
Data yang dikumpulkan sendiri oleh peneliti, karena cara mendapatkan data tersebut membutuhkan biaya yang mahal, memakai waktu lama, kadang hasilnya sulit dikomparasi. Data ini biasanya digunakan sebagai dasar pembuatan keputusan yang bersifat taktis dan spesifik.

Informasi yang Dibutuhkan Dalam Pemasaran Internasional

  1. Macro live information (lingkungan fisik, lingkungan politik, lingkungan ekonomi)
  2. Market information (kemungkinan masuk, karakteristik pasar)
  3. Macro level information (sales forecasting, informasi biaya, informasi manajemen)
Pemasaran Internasional

Untuk memasuki pasar internasional, sebuah produk dapat diperlukan dengan melakukan modifikasi yang tergantung pada beberapa faktor yaitu jenis produk itu sendiri, biaya dan peraturan dari negara yang dituju.

  • Diferensiasi produk, beberapa jenis barang perlu dilakukan diferensiasi pasar agar perusahaan dapat meningkatkan keuntungan. Seperti melakukan diferensiasi jenis produk, kondisi dan kompetensi yang ada dipasar, kebutuhan fisik, infrastruktur, cost benefit analysis.
  • Segmentasi pasar, dibagi dalam beberapa segmen seperti faktor demografi, tingkat pendapatan, agama, kebiasaan konsumsi, dll.
  • Strategi produk, fokus senter bauran pemasaran.
  • Jenis Produk, jenis produk industrial atau produk konsumen yang memenuhi kebutuhan pasar dunia pada umumnya produk industrial tidak terlalu memerlukan banyak penyesuaian, hal tersebut berbeda dengan produk konsumen.

TEKNIK ANALISIS RISET PASAR INTERNASIONAL 

Teknik analisis untuk melakukan riset pasar internasional yaitu :

  • Analisis pola permintaan
Pola pertumbuhan industri dapat membantu pemahaman mengenai permintaan pasar.
  • Pengukuran elastisitas pendapatan
Elastisitas pendapatan menguraikan hubungan antara permintaan akan barang dan perubahan dalam pendapatan.
  • Perkiraan dengan analogi
Perbandingan lintas bagian dengan mengasumsikan bahwa terdapat analogi antara hubungan suatu faktor dengan permintaan produk atau komoditi tertentu dalam dua negara.
Menggeser urutan waktu kejadian : jika data tersedia di dua pasar dengan tingkat perkembangan yang berbeda.
  • Analisis perbandingan
Ada 3 kategori dasar :
- Perbandingan nasional
- Perbandingan dalam perusahaan lintas nasional
- Perbandingan didasarkan pada pasar nasional subnasional
  • Analisis kelompok / cluster analysis
Tujuannya adalah membagi-bagi beberapa variabel ke dalam kelompok-kelompok untuk memaksimalkan persamaan dalam kelompok dan perbedaan antar kelompok.
  • Indeks factor berganda / multiple factor index
  • Analisis regresi

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi diakses pada tanggal 16 November 2020 pukul 9.28

http://nissaamalia166.blogspot.com/2016/06/sistem-informasi-dan-riset-pemasaran.html diakses pada tanggal 15 November 2020 pukul 13.23

http://rachruriza.blogspot.com/2014/05/sistem-informasi-riset-pemasaran-global.html diakses pada tanggal 16 November 2020 pukul 9.29

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL