Perusahaan Yang Berada di Indonesia dan Mendapatkan Lisensi dari Negara Asing

 AQUA

Air mineral Aqua adalah merek air minuman kemasan milik Pak Tirto Utomo yang diproduksi sejak tahun 1973 oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia. Aqua dibangun berdasarkan nilai-nilai dan idealisme dari Pak Tirto Utomo. Air mineral ini telah menjadi produk yang paling dikenal di Indonesia dengan citra brand yang sangat bagus. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaan masyarakat Indonesia yang menyebut merek Aqua saat ingin membeli air mineral, meskipun kadangkala air mineral yang diberikan belum tentu Aqua. Maka dari itu, Aqua sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat Indonesia sehari-hari akan air mineral yang steril dan bersih.

Sepeninggal Tirto Utomo, tahun 1998 dibawah keputusan istrinya, Lisa Tirto Utomo, Aqua dan Grup Danone membentuk kesepakatan untuk bergabung dan keputusan ini memberikan dampak peningkatan kualitas produk serta membawa Aqua menjadi produsen AMDK terbesar di Indonesia. Berdasarkan kesepakatan itu jugalah, pada tahun 2000 bersamaan dengan pergantian milenium, Aqua meluncurkan produk dengan label Danone-AQUA.


Kerja sama ini berlanjut hingga kepemilikan saham Danone atas PT Tirta Investama meningkat dari 40% menjadi 74% pada tahun 2001. Pada tahun 2010, PT Golden Mississippi pun memutuskan untuk delisting dari Bursa Efek Indonesia dan menjadi perusahaan tertutup. Aqua Grup yang terdiri dari Tirta Investama, Golden Mississppi dan Tirta Sibayakindo pun menjadi bagian dari Danone Grup.

Selama 44 tahun berdiri mulai dari Golden Mississippi hingga kini berkembang menjadi AQUA Grup, Danone Aqua tidak berhenti untuk terus berinovasi dan mengembangkan sayapnya dalam industri AMDK. Hingga saat ini Aqua produk air mineral masih berada dibawah lisensi Danone.


Sumber:

https://kc.umn.ac.id/2720/2/BAB%20I.pdf diakses pada 3 November 2020 pukul 14.52

https://sejarahlengkap.com/indonesia/sejarah-berdirinya-aqua diakses pada 3 November pukul 14.55

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL