ASPEK PENGAMBILAN KEPUTUSAN KEUANGAN

Sistem Keuangan Internasional

Keuangan internasional adalah cabang ekonomi keuangan yang mempelajari keterkaitan dua negara atau lebih dari sisi moneter dan ekonomi makro. Keuangan internasional mempelajari dinamika sistem keuangan global, sistem moneter internasional, neraca pembayaran, nilai tukar, investasi asing langsung dan hubungannya dengan perdagangan internasional.

  • Sistem Keuangan Dari Masa ke Masa
Sistem keuangan internasional kurun waktu pra perang dunia

Digunakan "Standar emas" muncul karena menurut para ahli merupakan sistem kurs tetap dan cenderung stabil dan kalau berubah tidak terlalu signifikan pada saat itu.
Keuntungan :
  1. Stabilnya kurs valas, dimana kurs yang tingkat ketinggiannya tidak berubah dan jika ada pergerakan akan selalu diikuti oleh ekspor atau impor emas.
  2. Defisit atau surplus necara pembayaran cenderung tidak berlangsung, sebab dalam kondisi surplus maupun defisit akan cenderung menimbulkan kekuatan-kekuatan dalam perekonomian yang secara otomatis mengakibatkan surplus maupun defisit neraca pembayaran yang terjadi yang pada akhirnya akan kembali seimbang.
Kelemahan :
  1. Stabilitas dalam kurs valuta asing biasanya diikuti oleh ketidakstabilan tingkat harga. Apabila terjadi aliran emas masuk maka tingkat harga dan kegiatan ekonomi akan cenderung naik dan sebaliknya.
  2. Mekanisme penyeimbangan kembali neraca pembayaran dalam praktek asing sering tidak lancar seperti yang diungkapkan dalam teori, yang disebabkan oleh adanya kecenderungan pemerintah negara bersangkutan untuk tidak mematuhi aturan permainan sistem standar emas.
Sistem keuangan internasional antar perang dunia

Masa dimana standar emas berhenti karena gejolak PD 1 Agustus 1914, maka terputuslah integrasi konvertibilitas mata uang terhadap emas. Dalam masa perang negara mempraktekan sistem pengawasan/kontrol devisa = kurs valas tidak diserahkan dalam mekanisme pasar tetapi ditentukan oleh pemerintah. Terjadinya gejala inflasi dikarenakan pemerintah saat itu banyak menggunakan kebijakan anggaran dan cadangan valas untuk membiayai perangnya dimana untuk menutupi anggaran defisitnya mencetak uang kertas, dimana sebelumnya status negara kreditur menjadi debitur.

Sistem keuangan internasional pasca perang dunia

Kurun waktu dari 1946 hingga sekarang, dimana dijumpai dua macam sistem moneter yaitu :
  1. Sistem bretton woods masa penggunaan tahun 1946 s/d 1972
  2. Sistem kurs mengambang terkendali
  • Sistem Moneter Internasional Yang Berlaku Sekarang
Tahun 1962 Perancis mempelopori penukaran mata uang US$ dengan emas yang diikuti oleh negara lain sehingga cadangan hingga 1968 terasa sangat besar, sehingga Amerika memutuskan untuk mencabut (konverbilitas mata uangnya US$ terhadap emas (1971), maka berakhir masa sistem moneter bretton woods.

Mata Uang Asing

Valuta asing merupakan mata uang yang diakui, digunakan, dipakai dan juga diterima sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Valuta asing yang banyak dipakai biasanya merupakan mata uang suatu negara yang memiliki peranan ataupun kendali yang cukup besar dalam sistem perekonomian di seluruh dunia, yang paling banyak digunakan adalah Dollar. Devisa suatu negara yang berbentuk mata uang inilah yang disebut dengan istilah valuta asing.

Fungsi Valuta Asing:

  • Alat tukar Internasional.
  • Alat pengendali kurs.
  • Alat pembayaran Internasional.
  • Alat untuk memperlancar perdagangan internasional.
Sistem Valuta Asing yang Berlaku Saat Ini :

  • Sistem Kurs Bebas (Floating)
Artinya pembuatan kurs tersendiri dari suatu permintaan dan penawaran dari mata uang asing. Sehingga pemerintah tidak ikut campur dalam menentukan kurs mata uang yang ditukar.
  • Sistem Kurs Tetap
Ada campur tangan dari pemerintah di negara tempat tinggal Anda. Ditetapkan juga oleh bank sentral yang secara aktif terlibat dalam transaksi valas.
  • Sistem Kurs Terkendali / Terkontrol

Pemerintah / pihak bank mempunyai kekuasaan dalam menentukan nilai alokasi pemakaian valuta asing yang tersedia. Sehingga pasar valas akan tetap stabil dan tidak akan terjadi banyak inflasi.

Implikasi Bisnis Akibat Fluktuasi Nilai Tukar

Fluktuasi nilai mata uang adalah naik-turunnya harga suatu mata uang dibanding mata uang lainnya. Perubahan harga tersebut disebabkan oleh permintaan dan penawaran di pasar untuk mata uang tersebut dibanding mata uang lainnya.

Alasan fluktuasi nilai mata uang :

Karena dipengaruhi oleh naik turunnya permintaan dan penawaran (Demand and Supply) terhadap mata uang. Mata uang akan cenderung naik jika permintaan melebihi penawaran, sedangkan ketika jumlah penawaran lebih banyak dari permintaan, maka nilai mata uang akan cenderung turun.

Yang mempengaruhi permintaan dan penawaran mata uang :

  • Kebijakan pemerintah.
  • Kondisi ekonomi negara.
  • Faktor tak terduga, misalnya bencana alam atau kerusuhan yang bisa mempengaruhi kondisi politik, perekonomian dan lain-lain.
Pengaruh fluktuasi mata uang terhadap perekonomian :

  • Perdagangan Barang Dagangan
Seperti ekspor dan impor. Secara umum, mata uang yang lemah akan merangsang ekspor dan membuat impor lebih mahal sehingga bisa mengurangi defisit perdagangan suatu negara dari waktu ke waktu, begitu sebaliknya.
  • Arus Modal
Modal asing cenderung mengalir ke negara-negara yang memiliki pemerintahan kuat, ekonomi dinamis dan mata uang yang stabil. Suatu negara perlu memiliki mata uang yang relatif stabil untuk menarik modal asing. Jika tidak, maka prospek kerugian kurs yang ditimbulkan oleh depresiasi mata uang dapat menghalangi investor asing.


Sumber:

https://prezi.com/p/guogtzgwpflb/sistem-keuangan-internasional/ (diakses pada 6 November 2020 pukul 19.33)

http://annasbanimalik.blogspot.com/2019/12/aspek-pengambilan-keputusan-keuangan.html (diakses pada 6 November 2020 pukul 19.33)

https://cpssoft.com/blog/akuntansi/pengertian-valuta-asing-sistem-dan-fungsinya-dalam-bisnis/ (diakses pada 6 November 2020 pukul 19.33)

https://www.seputarforex.com/artikel/apa-itu-fluktuasi-nilai-mata-uang-122501-31 (diakses pada 6 November 2020 pukul 19.34)

https://ope-opeland.blogspot.com/2019/12/aspek-pengambilan-keputusan-keuangan.html (diakses pada 6 November 2020 pukul 19.35)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL