CARA MEMULAI BISNIS ONLINE


Dengan semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, kini pendapatan utama terkadang tidak mencukupi. Dengan demikian, kamu dipaksa untuk mencari alternatif pemasukan lain, misalnya saja dengan bisnis sampingan.

Bisnis online merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan. Dengan modal kecil, kamu bisa memulai bisnis tanpa mengganggu jadwal kerja kamu. Bisnis online memberikan tawaran yang menarik dengan risiko rendah dan potensi keuntungan yang tinggi.

Tetapi, kamu harus cerdas dalam mengelola bisnis sampingan ini. Jangan sampai tujuan menghasilkan keuntungan malah buntung. Berikut cara memulai bisnis online dari nol:
  • Pertama harus paham apa yang dijual
Kalau gak paham dengan barang yang kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis online? Paham atau tidaknya kamu menentukan gimana hasil bisnis online kamu nanti.
Hal pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual. Bahkan kamu wajib tau sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tau berapa harga beli dan harga jual yang pantas.

Kedua, kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini?Model seperti apa yang mereka butuhkan? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami, dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.

Ketiga, pastikan produk yang kamu pasarkan nanti, banyak yang cari diGoogle. Cara gratis untuk mengetahui banyak tidaknya orang yang mencari produkmu, kamu bisa gunakan Google Keyword Planner. Dari situ kamu bisa lihat berapa volume pencarian dari produk yang kamu jual.
Kalau volume pencarian dari barang yang hendak kamu jual terlampaui tinggi, maka semakin tinggi juga persaingan dalam menjual barang itu. Pertimbangkan untuk mencari varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual orang lain, tapi disukai.
  • Riset Kompetitor
Kamu harus tahu betul kompetitormu. Caranya, kamu bisa mulai dari riset gimana mereka jual produk mereka secara online. Bisa buka di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee.

Cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau beli. Rating dan review memang berpengaruh cukup kuat. Namun, hal tersebut tidak selamanya berlaku. Tidak sedikit juga diantara pembeli yang kecewa lalu kasih rating dan review jelek.
Dari sini kamu bisa belajar buat menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi kelemahan di kompetitor. Misalnya soal pembeli yang paling tidak suka respon yang lama atau pengemasan asal-asalan.

Nah, kekurangan kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan buat memaksimalkan penjualan bisnis online kamu. Misalnya, kalau ada yang bertanya, kamu wajib menjawab dnegan cepat. Lalu pengemasan barang, bisa dikemas dengan baik ditambah dengan bubble wrap agar pembeli happy.

Harga juga menentukan banget. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain tidak selamanya mendatangkan banyak pembeli. Masih banyak yang lebih mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.
  • Cari supplier
Boleh saja kamu cari supplier dipusat grosir. Namun, kamu bakal sulit buat ambil untung dari produk yang kamu jual. Jangan menutup kemungkinan buat cari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi sentral pengrajin di daerah-daerah. Buktinya, Brodo, brand sepatu cowok, bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu Cibaduyut.

Seandainya kamu ingin bekerjasama dengan supplier di luar negeri sana, kamu bisa mencarinya lewat Alibaba. Di sana banyak sekali barang beserta suppliernya yang bisa diandalkan. Lebih enak lagi kamu bisa bekerjasama sebagai dropshipper dan reseller. Di Indonesia ada supplier, Dusdusan dan Bandros yang menawarkan kerjasama buat kamu yang ingin menjadi dropshipper ataupun reseller.
  • Bikin brand yang buat orang percaya
Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang dibikinnya. Misal brand yang terkenal seperti Pepsi atau Nike. Nama dan logo brand mereka begitu melekat dipikiran orang-orang. Ditambah dengan kualitas yang mereka tawarkan, bikin orang-orang yakin kalau produk mereka itu bagus.
  • Promosi gratis hingga berbayar
Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula gratis. Tapi walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget.

Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang ingin produknya semakin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya beriklan dimedsos tersebut dimulai dari US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu.

Itu berarti kamu sediakan dana mulai dari Rp72 ribuan hingga Rp720 jutaan perminggu. Mahal sih, namun lewat gratisan pun, tidak menutup peluang buat dapat untung banyak kok. Asal dari awal kamu sudah gencar mempromosikan brand-mu dengan baik.

Itu tadi cara memulai bisnis online dari nol. Semoga dengan menerapkan cara diatas, kamu bisa memulai bisnis online dan memperoleh banyak untung. Selamat mencoba :) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL