DAMPAK DARI SOSIAL MEDIA

Dampak dari Sosial Media


Sosial media merupakan salah satu fitur kecil namun memiliki dampak yang sangat besar untuk dunia saat ini. Sosial media sangat berkembang pada zaman sekarang ini dan sudah sangat tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Awalnya sosial media digunakan sebagai alat untuk berinteraksi satu sama lain tanpa adanya suatu pertemuan seperti pada zaman dahulu. Di sosial media kita dapat melihat atau menilai orang dengan hanya melihat foto,video, atau postingan dalam bentuk apapun yang bisa merupakan sebuah kebenaran atau merupakan sebuah kebohongan belaka.
Di zaman modern ini, sosial media mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat untuk mencari informasi dan dapat berkomunikasi menggunakan surat elektronik atau yang lebih dikenal pada zaman sekarang dengan istilah SMS , kini sosial media berubah menjadi seakan-akan kebutuhan yang sangat wajib bagi setiap manusia. Walaupun demikian, di balik sisi positif yang ada disosial media, ternyata masyarakat telah banyak menyalahgunakan sosial media sebagai ajang untuk pembuktian atau pamer, berita palsu (HOAX), membully, mencari hal-hal pornografi dan lainnya. Agar lebih jelasnya berikut beberapa dampak positif dan negatif dari sosial media :
DAMPAK POSITIF

  • Menambah Teman
 
Dengan munculnya berbagai situs sosial media seperti line, Whatsapp, Instagram, Path, Skype, dan lainnya memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia sekalipun. Dengan berbagai aplikasi tersebut kita juga dapat mencari dan menemukan teman lama seperti teman TK, SD, SMP dengan sangat mudah kita temukan. 
  • Berkomunikasi
Ini merupakan fungsi utama sosial media diciptakan, yakni dapat membuat seseorang seolah-olah bertemu meskipun berbeda tempat. Melalui fitur Chat, Telepon, Video call dari berbagai aplikasi yang sudah tidak asing lagi pada saat ini seperti Whatsapp, Line, Skype dan lainnya kita bisa tersambung dengan keluarga yang jarang bertemu atau teman lama .
  • Mendapatkan Informasi Terbaru
Dengan berkembang pesatnya zaman membaca berita atau mencari informasi-informasi terbaru sudah sangat mudah tidak seperti pada zaman dahulu yang masih bergantung dengan koran setiap minggunya. Dengan berbagi aplikasi sosial media yang sudah sangat maju kita tidak akan ketinggalan informasi dan berita-berita aktual yang sedang booming dibicarakan baik itu berita olahraga, politik, teknologi, bahkan gosip artis sekalipun dapat kita dapatkan dengan mudah.
  • Untuk Hiburan
Dengan sosial media kita dapat menjadikanya sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan ketika kita lelah dan jenuh setelah menyelesaikan tugas-tugas atau pun bekerja. Saat ini telah banyak foto atau video lucu yang diedit atau dibuat oleh banyak orang yang di upload di sosial media seperti Instagram, Line, atau dikirim oleh teman sekalipun. Maka dengan itu kita dapat menonton nya dengan mudah hanya dengan bermodalkan kuota atau bisa memakai wifi atau hotspot dari teman.
  • Untuk Promosi
Sosial media pada saat ini telah menjadi hal penting untuk mempromosikan sebuah brand. Bagi orang atau perusahaan kecil yang tidak memiliki dana yang cukup untuk melakukan pemasaran besar besaran maka dapat memanfaatkan sosial media yang dapat mengurangi pengeluaran biaya promosi Anda, namun Anda perlu mengikuti beberapa hal agar brand Anda terlihat menarik seperti mengatur Feed diinstagram.

DAMPAK NEGATIF


  • Menjadi Kecanduan
Media sosial  dapat menimbulkan Anda menjadi kecanduan yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi lebih menutup diri pada kehidupan sekitar.
  • Ajang Pembuktian atau Pamer
Awalnya sosial media dimanfaatkan orang sebagai tempat atau wadah untuk mengepresikan diri tanpa ada halangan dari orang lain, namun saat ini sudah sangat banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai ajang pembutian atau pamer melalui berbagi cari seperti mengupload foto, video, atau insta story kekayaan, jalan-jalan, dan lainnya yang membuat orang menjadi iri.
  • Mengganggu Hubungan antar Pasangan
Sosial media juga dapat memicu kecemburuan antar pasangan jika memang pasangan itu berhubungan yang tidak wajar dengan orang lain.
  • Munculnya Tindak Kejahatan
Banyak juga orang yang menggunakan sosial media sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan juga penipuan seperti online shop yang menjual barang palsu atau bahkan tidak mengirim barang yang sudah dibayar pembeli.
  • Sulit Bersosialisasi
Dampak negatif yang paling berpengaruh adalah sosialisasi dengan orang sekitar semakin sulit. Dalam artian menjauhkan yang dekat namun mendekatkan yang jauh. Pengguna sosial media seringkali menjadi malas berkomunikasi secara langsung atau secara nyata. Waktu mereka lebih banyak di habiskan dengan internet dan justru pendiam di dunia nyata atau kurang bergaul.

Berdasarkan dampak positif dan negatif dari sosial media di atas dapat disimpulkan bahwa sosial media sangatlah penting karena banyak sekali manfaat yang didapat oleh pengguna jika digunakan dengan baik dan benar. Diharapkan pembaca dapat menerima manfaat-manfaat dari sosial media dan menghindari dampak-dampak negatif dari sosial media. Sebenarnya masih banyak sekali keuntungan-keuntungan dari sosial media, untuk itulah masrayakat harus mampu berfikir kreatif dan dapat mengeksploitasi kelebihan dari sosial media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL