DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI


GADGET adalah alat komunikasi modern yang memiliki berbagai fungsi canggih. Alat ini juga didefinisikan sebagai alat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus dengan unit kerja yang tinggi. Hal yang membedakan gadget dengan teknologi yang lainnya adalah unsur kekinian. Artinya, gadget selalu muncul dengan aplikasi-aplikasi terbaru yang mengikuti perkembangan zaman. Inilah yang menjadi factor tertarik dengan gadget, di samping fungsinya sebagai alat untuk berkomunikasi.

Di zaman yang serba modern ini, teknologi gadget mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dari awal kemunculannya yang hanya sebatas alat untuk telepon, kini gadget berubah menjadi seakan-akan kebutuhan primer bagi setiap manusia. Alat ini terus berkembang untuk memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari.

Sebelum adanya gadget banyak media komunikasi yang digunakan oleh masyarakat,  seperti media cetak, radio, film, televisi, komputer, sistem TV kabel dan sebagainya. Gadget dapat digunakan oleh siapa saja mulai dari anak usia dini hinga orang dewasa. Penggunaan gadget pada usia dini biasanya dipakai untuk bermain game dan menonton kartun anak-anak. Gadget banyak memiliki manfaat apabila dipakai dengan cara yang baik, orang tua pun dapat memperkenalkan gadget kepada anak usia dini, tapi harus selalu diingat gadget juga memiliki dampak positif dan dampak negatif.

Menurut Handrianto (2013), mengatakan bahwa, gadget memiliki dampak positif dan juga negatif. Dampak tersebut antara lain adalah:
Dampak positif penggunaan gadget:
  1. Berkembangnya imajinasi, (membuat anak mampu berpikir kreatif dan menganalisa).
  2. Melatih kecerdasan.
  3. Meningkatkan rasa percaya diri. (saat anak sedang bermain akan termotovasi untuk menyelesaikan permainan).
  4. Mengembangkan kemampuan dalam membaca, matematika, dan pemecahan masalah.
Kemudian beberapa dampak negatif dari gadget adalah:
  1. Penurunan konsentrasi saat belajar (saat belajar anak menjadi tidak fokus karena hanya ingat pada gadgetnya).
  2. Malas menulis dan membaca, (misalnya pada penggunaan youtube, anak menjadi terbiasa menonton dan mendengarkan jadi malas untuk menulis dan membaca).
  3. Penurunan dalam kemampuan bersosialisasi, (misalnya anak jadi malas bermain dilingkungannya karena sudah asik dengan gadget)
  4. Kecanduan, (anak yang sudah ketergantungan dengan gadget akan sulit untuk melepaskannya)
  5. Dapat menimbulkan gangguan kesehatan, (penggunaan gadget yang berlebihan dapat merusak mata).
  6. Perkembangan kognitif anak usia dini terhambat, (kognitif atau pemikiran proses psikologis yang berkaitan bagaimana individu mempelajari, memperhatikan, mengamati, membayangkan, memperkirakan, menilai dan memikirkan lingkungannya akan terhambat).
  7. Menghambat kemampuan berbahasa, (anak yang terbiasa menggunakan gadget akan cendrung diam, sering menirukan bahasa yang didengar).
  8. Dapat mempengaruhi perilaku anak usia dini, (misalnya saat anak bermain game, ada tokoh kartun yang ia idolakan, anak akan mengikuti idolanya yang akan menimbulkan tindak kekerasan terhadap temannya.
       Berdasarkan dampak positif dan negatif dari penggunaan gadget diatas, maka dapat disimpulkan bahwa gadget merupakan alat komunikasi yang sangat memudahkan segala sesuatu didalam kehidupan sehari-hari,namun selain terdapat beberapa manfaat ada juga kerugian yang ditimbulkan dari gadget itu sendiri tergantung dari pemakaian apakah dipakai dengan benar atau tidak. Tetapi untuk anak-anak pemakaian gadget lebih banyak ditemukan dampak negatifnya dari pada dampat positif, semua itu tergantung pada orang tua bagaimana mereka mendidik dan mengawasi anak pada saat menggunakan gadget.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

STRATEGI MEMASUKI PASAR GLOBAL DAN BEREKSPANSI

Pengelompokan Segmentasi dan Target Pasar Serta Peluang dan Tantangan AQUA di Pasar Global

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA PEMASARAN GLOBAL